ATTENTION

Jurus Jitu Agar Pendapatan AGENPOS Semakin Besar, " Merangkul Pedagang Online "

Muh. Akbar Rizqi
28 Mei 2016 9.33 PM

Saya ambil kisah ini dari daerah Depok.Ini berawal dari salah satu ide Kkp Depok, dia mengatakan bahwa pasar potensial di wilayah kerja Kantor pos Depok bukanlah kiriman dari perkantoran, industri dan pemerintahan. Melainkan dari UKM yang memanfaatkan tehnologi informasi. Karena cara berjualan mereka bukan berjualan konvensional dengan membuka kios, tapi memanfaatkan media sosial.


Kami juga mengadakan acara kopdar dengan pedagang di bukalapak.com dan efeknya angka pendapatan diwilayah kerja kantor pos Depok ternyata menunjukan pertumbuhan yang positif

Walaupun target utama di acara tersebut belum teralisasi. (membuka agenpos komunitas bukalapak.com) Namun angka pertumbuhan pendapatan yang tercatat ternyata tetap tinggi. Pertumbuhan bukan hanya dalam jumlah besar uang yang didapat namun juga jumlah produksi itu sendiri. Jadi kalau ada yang berasumsi pertumbuhan pendapatan itu karena adanya kenaikan tarif sepertinya alibi tersebut dapat terpatahkan.
Mengapa AGENPOS bisa membukukan pertumbuhan pendapatan yang tinggi? 

Bila dilihat dari total pertumbuhan produksi yang diraih oleh Kantor Pos Depok  16400, jelas tidak bisa kita beranggapan adanya pengalihan kiriman ke AGENPOS. Ini murni karena pemilik AGENPOS yang giat merebut pangsa pasar di wilayah Depok. Kiat kiat agenpos dalam merebut pasar kiriman tersebut salah satunya adalah jam buka layanan yang mengikuti proses bisnis pedagang online. Dimana kebanyakan pedagang online baru bertransaksi pengirimannya diatas jam 15:00. 


Selain itu pola pick up, menyisihkan fee, dan packing kiriman dijadikan layanan tambahan kepada para pedagang online. Dan ini yang membuat pedagang online tersebut mau mempromosikan produk produk pos kepada pembelinya.

Kopdar Dengan Tokopedia.com

Menyadari gelaran acara tersebut cukup “nendang” dengan perolehan pendapatan. Maka pada hari sabtu tanggal 29 Nopember 2015 . Kantor pos Depok mengadakan Kopdar lagi dengan pedagang online. Dan kali ini situs tokopedia.com berhasil digandeng untuk melakukan kopdar di kantor pos Depok.


Pada acara kali ini produk yang coba di promosikan adalah Wesel Pos Cash to Account. Solusi pembayaran yang bisa dijadikan alternatif bagi pedagang online ini ternyata mendapatkan tanggapan yang positif. Karena semakin banyaknya media pembayaran semakin memudahkan calon konsumen dalam bertransaksi.
Bagi pedagang online keunggulan Cash to Account adalah dapat di track and Trace nya transaksi tersebut bagi kedua belah pihak. Baik pedagang maupun pembeli. Jadi kemungkinan pedagang dibohongi oleh pembeli semakin kecil. Apalagi bila kirimannya di kirim via pos makin klop deh

Namun tarif yang mesti mereka bayar bila pembayaran melalui Cash to Account ternyata cukup memberatkan. Perbedaan tarif yang cukup besar bila mereka transfer antar bank membuat mereka tidak dapat berharap banyak bisa bertransaksi via Cash To Account maupun Weselpos. Dan mereka berharap PT Pos Indonesia bersedia menyesuaikan tarifnya untuk pedagang online.

Harapan Pedagang Online Tokopedia Terhadap PT Pos Indonesia

Dari beberapa pedagang online yang sudah cukup berhasil. Pada saat ditanya kesan dan pesan terhadap jasa kurir. Sebagian besar secara jujur mereka mengakui bahwa kiriman mereka lebih banyak menggunakan jasa kurir pesaing. Harga memang faktor penentu yang paling utama kenapa mereka memilih jasa pesaing. Adapun kiriman yang menggunakan PT Pos Indonesia adalah kiriman diluar Jabodetabek. Dan ini dikarenakan tarif kita lebih murah dan jaringannya tidak tersedia oleh pesaing.


Nah harapan pedagang online dalam hal pentarifan, PT Pos Indonesia dapat lebih kompetitif dibanding pesaing. Caranya  tingkat berat dalam tarif PT Pos Indonesia lebih dilebarkan lagi.  Jadi bukan 0 s.d 100 gram tapi bisa 0 s.d 1 kg.

Target Penyelanggaraan Kopdar dengan Pedagang di Tokopedia.com

Selain lebih mengenalkan produk produk PT Pos Indonesia kepada pedagang online. Kunjungan pedagang online ke Kantor Pos juga diharapkan menjadikan mereka tidak asing ketika masuk ke kantor kita.

Dengan semakin aktifnya kita terjun ke komunitas pedagang online semoga dapat mengubah kepercayaan akan produk PT Pos Indonesia dimata pedagang online. Dan tentunya akan membuat mereka lebih memakai produk kita didalam memenuhi kebutuhan bisnisnya.


Salah satu perubahan itu adalah manajemen marketplace www.tokopedia.com itu sendiri  akan mengirimkan kalender tahun 2016 kepada relasi sebanyak 4000 an dan anggaran biaya kirimnya sebanyak 50 juta rupiah melalui Kantor Pos Depok. Padahal selama 5 (lima) tahun belakangan ini kiriman kalender tersebut dikirim melalui pesaing kita.

Ini lah momen yang harus dapat kita manfaatkan untuk mengembalikan kepercayaan publik bahwa kita lebih mampu menangani bisnis kurir dibanding pesaing yang masih seumur jagung. Sehingga target Kantor Pos Depok finish di pendapatan 80 milyar pada tahun 2016 bukan sesuatu yang mustahil. Semoga Allah SWT meridhoi ….Aamiin

So, Tunggu apalagi , gak ada salahnya para AGENPOS di daerah TEGAL LAKA - LAKA mencoba apa yang sudah dilakukan keluarga kita yang ada di daerah Depok .

ada pepatah mengatakan " NO ACTION MEANS BIG ZERO "

Sekian Artikel yang sangat sederhana ini saya buat, semoga bisa menjadi bahan marketing untuk para AGENPOS di seluruh indonesia, khususnya di daerah TEGAL.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jurus Jitu Agar Pendapatan AGENPOS Semakin Besar, " Merangkul Pedagang Online ""

Posting Komentar